Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Profesionalisme Guru

Main Article Content

Sriyanto Tri Atmojo
Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia

Pendahuluan: Guru berada di garda terdepan dalam mewarnai dunia pendidikan ditanah air karena guru yang terlibat langsung dan berhadapan langsung dengan siswa. Karena itu seorang guru harus memiliki jiwa dan semangat profesionalisme yang tinggi karena tanpa profesionalime tidak ada artinya. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah: Ingin mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan secara parsial antara disiplin kerja terhadap profesionalisme guru. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Populasi penelitian adalah semua guru SMPN 2 Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi yang berjumlah 33 orang. Sample penelitian ini merupakan total population.Teknik pengumpulan data mengunakan angket (kuesioner) dengan sistem tertutup. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap profesionalisme guru di SMP Negeri 2 Kabupaten Banyuwangi. Kesimpulan: Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa : Secara parsial guru, ini berarti apabila semua guru di disiplin kerja berpengaruh secara signifikan  terhadap profesionalisme SMP Negeri 2 Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi mempunyai disiplin kerja yang tinggi maka profesionalisme guru SMP Negeri 2 Kabupaten Banyuwangi akan tinggi pula, demikian pula sebaliknya


Keywords: Disiplin Kerja, Profesionalisme Guru, Pendidikan