Analisis Strategi Marketing Public Relations SMA Al-Azhar Kelapa Gading Dalam Menjaga Citra Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.58344/jii.v4i6.6727Keywords:
Marketing Public Relations, PENCILS, Citra, StakeholderAbstract
Citra merupakan aset penting dalam menarik minat calon siswa dan mempertahankan kepercayaan dari stakeholder sekolah. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi Marketing Public Relations yang diterapkan oleh SMA Al-Azhar Kelapa Gading, memahami peran Marketing Public Relations dalam memelihara dan meningkatkan citra sekolah, serta menganalisis efektivitas strategi Marketing Public Relations yang telah diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori PENCILS. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak terkait di sekolah baik dari internal maupun eksternal. Hasil analisis menunjukkan bahwa SMA Al-Azhar Kelapa Gading telah menerapkan berbagai strategi Marketing Public Relations, seperti kegiatan promosi acara sekolah, hubungan dengan media massa, dan interaksi dengan masyarakat sekitar. Peran Marketing Public Relations dapat menjaga citra positif sekolah dan meningkatkan keterlibatan stakeholder. Temuan penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya Marketing Public Relations dalam mengelola citra sekolah. Pada implikasi penelitian ini sekolah dapat meningkatkan efektivitas Marketing Public Relations untuk lebih menarik minat calon siswa, mendukung prestasi akademik, dan memperkuat hubungan dengan komunitas sekitar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Achmad Fairuz, Kimi Dzikra Aqilah, Alfilonia Harwinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.