Analisis Strategi Marketing Public Relations SMA Al-Azhar Kelapa Gading Dalam Menjaga Citra Sekolah

Authors

  • Achmad Fairuz LSPR Institute of Communication and Business, Jakarta, Indonesia
  • Kimi Dzikra Aqilah LSPR Institute of Communication and Business, Jakarta, Indonesia
  • Alfilonia Harwinda LSPR Institute of Communication and Business, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58344/jii.v4i6.6727

Keywords:

Marketing Public Relations, PENCILS, Citra, Stakeholder

Abstract

Citra merupakan aset penting dalam menarik minat calon siswa dan mempertahankan kepercayaan dari stakeholder sekolah. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi Marketing Public Relations yang diterapkan oleh SMA Al-Azhar Kelapa Gading, memahami peran Marketing Public Relations dalam memelihara dan meningkatkan citra sekolah, serta menganalisis efektivitas strategi Marketing Public Relations yang telah diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori PENCILS. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak terkait di sekolah baik dari internal maupun eksternal. Hasil analisis menunjukkan bahwa SMA Al-Azhar Kelapa Gading telah menerapkan berbagai strategi Marketing Public Relations, seperti kegiatan promosi acara sekolah, hubungan dengan media massa, dan interaksi dengan masyarakat sekitar. Peran Marketing Public Relations dapat menjaga citra positif sekolah dan meningkatkan keterlibatan stakeholder. Temuan penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya Marketing Public Relations dalam mengelola citra sekolah. Pada implikasi penelitian ini sekolah dapat meningkatkan efektivitas Marketing Public Relations untuk lebih menarik minat calon siswa, mendukung prestasi akademik, dan memperkuat hubungan dengan komunitas sekitar

Downloads

Published

2025-07-04