Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi Melalui Kepercayaan Konsumen (Studi Pada Toko Amanda Brownies Purwokerto)
DOI:
https://doi.org/10.58344/jii.v4i6.6660Keywords:
Kualitas Pelayanan, Promosi, Variasi Produk, Keputusan Pembelian, Kepercayaan KonsumenAbstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada tantangan yang dihadapi oleh Amanda Brownies Purwokerto dalam menghadapi persaingan bisnis kuliner, seperti penurunan pelanggan dan munculnya kompetitor baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, promosi, dan variasi produk terhadap keputusan pembelian, dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen Amanda Brownies Purwokerto. Data dianalisis menggunakan analisis statistik untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, promosi, dan variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, namun kepercayaan konsumen tidak berperan sebagai mediator yang signifikan. Implikasi penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam bidang manajemen pemasaran dan perilaku konsumen, serta manfaat praktis bagi perusahaan dalam menyusun strategi peningkatan pelayanan, promosi, dan variasi produk untuk mendorong keputusan pembelian.
References
Andriani, D., Sitorus, W., & Pati, S. (2025). Legal Protection of Electronic Storage of Notary Protocols. Science of Law, 2025(1), 7–12.
Fahmi, M., & Fitria, S. (2020). The role of innovation in the Indonesian food and beverage industry: Case studies on brownies products. International Journal of Food Innovation, 25(2), 145-158. https://doi.org/10.1016/j.ijfi.2020.03.005
Hartanto, D., Lestari, A., & Wijayanti, H. (2020). Consumer preference in the food and beverage industry: Innovations in dessert products. Food Quality and Preference, 43, 82-90. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2020.01.009
Kurniawan, H., & Lestari, R. (2022). Brownies as a cultural product: The role of food tourism in Indonesia's culinary landscape. Journal of Culinary Tourism, 11(1), 56-67. https://doi.org/10.1016/j.jct.2021.09.004
Situmorang, F., Haris, W., & Dewi, R. (2019). Amanda Brownies: From dissatisfaction to successful innovation in the Indonesian dessert market. Journal of Food Business, 20(3), 175-187. https://doi.org/10.1016/j.jfb.2019.01.004
Astini, N. L. P., & Amrita, N. D. A. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada CV Mutiara Permai Cantika Kosmetik di Gianyar. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi), 22(1), 42–51. https://doi.org/10.22225/we.22.1.2023.42-51
Ayuzti, M., & Gunadi, W. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian e-commerce Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 4(1), 64–75.
Faroh, W. N., & Junaidi, D. (2019). Pengaruh variasi produk terhadap keputusan pembelian bahan bangunan Portal Portal Network Six Store cabang Depok. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2, 111–120.
Khumairoh, S., Rahayu, L. P., Safitri, U. R., Suryana, A. K. H., & Anggorowati, L. S. (2024). Analisis pengaruh iklan, varian dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian roti brownies pada Toko Amanda Brownies di Boyolali. Ekobis: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 12(1), 61–69.
Ramadhany, A., & Supriyono, S. (2022). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada AP Garage (Bengkel Cat & Custom). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 199–206. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.511
Sebayang, S. K., & Situmorang, S. H. (2019). Pengaruh nilai pelanggan, kepuasan pelanggan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada kedai kopi online di Kota Medan. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2, 220–235.
Sembada, I. V., Bustam, & Hotimah, E. (2022). Pengaruh promosi dan testimoni terhadap minat beli produk Lyfira Hijab dimediasi oleh kepercayaan. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 3(01), 21–30. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v3i01.276
Shah, M. I., Aryasatya, O., Daffa, M. M., & Utoyo, D. (2023). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen Amanda Brownies. MUFAKAT: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2), 1–9. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat
Situmorang, E. D. B., Gultom, R., Nadapdap, K., & Sihite, M. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Amanda Brownies. Jurnal Riset Manajemen, 6(1), 38–49.
Wahida, S. N., Arief, M. Y., & Syahputra, H. (2023). Pengaruh variasi produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening di Anita Cake Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 2, 1670–1686.
Yudhistira, V., & Patrikha, F. D. (2021). Pengaruh promosi penjualan dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian dengan variabel kepercayaan sebagai mediator (Studi pada produk fashion online di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1237–1243.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mela Nur Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.