Pengaruh Pemasaran Digital dan Konvensional Mulut ke Mulut Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Persalinan di Klinik Darul Amin Demak
DOI:
https://doi.org/10.58344/jii.v4i6.6652Keywords:
Digital Marketing, Conventional Word of Mouth, Decision to Use Maternity ServicesAbstract
Strategi pemasaran yang efektif dapat mempengaruhi keinginan dan keputusan pasien dalam memilih tempat untuk berobat. Klinik Darul Amin Demak telah berupaya melakukan pemasaran baik secara konvensional mulut ke mulut maupun secara digital. Namun, jumlah persalinan di Klinik Darul Amin Demak dalam kurun waktu satu tahun terakhir sebagian besar belum mencapai target. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pemasaran digital dan konvensional mulut ke mulut terhadap keputusan penggunaan jasa persalinan di Klinik Darul Amin Demak dan menganalisis variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa persalinan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebesar 85 dari total populasi 495 ibu hamil. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan uji statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa persalinan (t hitung 8,869 > t tabel dan sig. 0,000) dan pemasaran konvensional mulut ke mulut berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa persalinan (t hitung 2,941 > t tabel dan sig. 0,004). Variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa persalinan adalah pemasaran digital (R=0.698) dibandingkan dengan pemasaran konvensional mulut ke mulut (R=0.301). Klinik Darul Amin Demak perlu meningkatkan efektifitas pemasaran digital dan tetap melakukan pemasaran dari mulut ke mulut yang dikemas sesuai dengan perkembangan teknologi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diah Apriani, Bayu Wahyudi, Nining Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.