Pengaruh Pemasaran Digital dan Konvensional Mulut ke Mulut Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Persalinan di Klinik Darul Amin Demak

Authors

  • Diah Apriani Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia
  • Bayu Wahyudi Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia
  • Nining Handayani Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58344/jii.v4i6.6652

Keywords:

Digital Marketing, Conventional Word of Mouth, Decision to Use Maternity Services

Abstract

Strategi pemasaran yang efektif dapat mempengaruhi keinginan dan keputusan pasien dalam memilih tempat untuk berobat. Klinik Darul Amin Demak telah berupaya melakukan pemasaran baik secara konvensional mulut ke mulut maupun secara digital. Namun, jumlah persalinan di Klinik Darul Amin Demak dalam kurun waktu satu tahun terakhir sebagian besar belum mencapai target. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pemasaran digital dan konvensional mulut ke mulut terhadap keputusan penggunaan jasa persalinan di Klinik Darul Amin Demak dan menganalisis variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa persalinan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebesar 85 dari total populasi 495 ibu hamil. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan uji statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa persalinan (t hitung 8,869 > t tabel dan sig. 0,000) dan pemasaran konvensional mulut ke mulut berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa persalinan (t hitung 2,941 > t tabel dan sig. 0,004). Variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa persalinan adalah pemasaran digital (R=0.698) dibandingkan dengan pemasaran konvensional mulut ke mulut (R=0.301). Klinik Darul Amin Demak perlu meningkatkan efektifitas pemasaran digital dan tetap melakukan pemasaran dari mulut ke mulut yang dikemas sesuai dengan perkembangan teknologi.

Downloads

Published

2025-07-02