Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Smp Negeri 4 Jerowaru Lombok Timur NTB

Main Article Content

Ahmad Turmuzi
SMPN 4 Jerowaru, Nusa Tenggara Barat

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan terhadap kemajuan pemimpin di satuan pendidikan tingkat menengah pertama untuk bergerak aktif dan inovatif sebagai instruktur leader. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sampel pengumpulan data melibatkan 2 guru kelas, 1 kurikulum, 1 kesiswaan dan 1 kepala sekolah. Dengan metode analisis data triangulasi sumber dan teknik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi serta studi pustaka. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil: Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa kepala sekolah profesional memiliki kemampuan dan keterampilan secara terlatih dan tepat guna sebagai sarana dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan meningkatkan tanggung jawab sebagai pemimpin di sekolah. Kemajuan kepala sekolah dapat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pengetahuan dan kemajuan pembelajaran siswa di sekolah tingkat menengah pertama. Kesimpulan: Implikasi dari hasil penelitian dapat memberikan kesadaran secara mandiri terhadap kepala sekolah dan personil sekolah lainnya untuk menjalin kerjasama yang baik dan saling memberikan informasi dengan menjalin komunikasi yang efektif hal ini perlu dilakukan untuk mencapai tujuan bersama yaitu memberikan wawasan dan pengetahuan secara kolaboratif dan sistematis terhadap capaian pembelajaran siswa di sekolah.


Keywords: Pemimpin, kepala sekolah, profesionalisme, guru