Pengaruh Positioning, Persepsi Harga dan Citra Merek dengan Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Erha Skincare di Tangerang)

Main Article Content

Philip Chandra Himawan Sinulingga
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Budi Luhur, Jakarta, Indonesia

Pendahuluan: Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, tingkat persaingan pun semakin ketat. Sebagai pendiri usaha, mereka harus mampu menghadapi perubahan kebutuhan dan keinginan konsumen. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Positioning, Persepsi Harga, dan Citra Merek dengan Kepuasan Konsumen dan dampaknya terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen ERHA Skincare di Tangerang. Metode: Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan mengumpulkan data primer melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden dan data sekunder sebagai pendukung penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen ERHA Skincare di Tangerang, selanjutnya dengan metode purposive sampling dan dihitung besarnya sampel didapatkan sebanyak 100 orang responden. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan program smartPLS ver 3.0, sehingga diketahui deskriptif responden, frekuensi distribusi data, hasil uji outer dan inner model, hasil uji determinasi dan hasil uji hipotesis. Hasil: Berdasarkan hasil analisis keofisien determinasi Analisis Variant (R2), dapat disimpulkan bahwa nilai R Square berpengaruh secara bersama-sama (simultan). Positioning, persepsi harga, citra merek berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen sebesar 0,43 atau 43%. Kesimpulan:  Kesimpulan tersebut berdasarkan nilai thitung pada ketiga variabel bebas, satu variabel terikat dan satu variabel intervening pada ttabel dengan taraf signifikansi ?=5%. Hasil pengukuran kofisien determinasi (R2) menunjukan variasi ketiga variabel bebas dalam penelitian ini mampu menjelaskan sebesar 43% model dalam penelitian ini dan ketiga variabel bebas beserta satu variabel intervening mampu menjelaskan sebesar 41% model dalam penelitian ini.


Keywords: Positioning, Persepsi Harga, Citra Merek, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian